Langsung ke konten utama

asa


1. jelaskan sebuah komunikasi data secara sederhana dan dilengkapi dengan gambar
Komunikasi data dapat diartikan juga sebagai pertukaran data antara dua perangkat melalui beberapa bentuk media transmisi seperti kabel kawat. Untuk terjadinya data komunikasi, perangkat harus berkomunikasi menjadi sebuah bagian dari sistem komunikasi, yang terdiri dari kombinasi dari hardware (Fisik) dan Software (Lunak/ Program)
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data secara elektronik dari dua atau lebih alat yang terhubung kedalam sebuah jaringan (network) melalui suatu media. Elemen Sistem Komunikasi data dapat dibagi menjadi 3 bagian seperti yang digambarkan dalam bagan berikut ini:
Elemen Sistem Komunikasi Data
2. sebutkan tipe jaringan kokunikasi dan jelaskan
Tipe dari jaringan komunikasi dalam buku ini :

Switched network , data ditransfer dari sumber ke tujuan melalui hubungan node seri.
·         Circuit-switched network, arah komunikasi diwujudkan antara 2 stasiun melalui jaringan node contoh umum : jaringan telephone.
·         Packet-switched network, data dikirim dalam serangkaian potongan-potongan kecil, yang dinamakan paket. Tiap paket melewati jaringan dari node ke node sepanjang jalur yang menghubungkan sumber ke tempat tujuan. Contoh umum : komunikasi terminal ke komputer dan komputer ke komputer.

Broadcast network, terdapat transmitter/receiver yang berkomunikasi melalui medium yang disebar oleh stasiun-stasiun lain. Suatu transmisi dari satu stasiun di-broadcast ke dan diterima oleh semua stasiun lainnya. Contoh sederhana : CB Radio System. Dalam kasus berikutnya data ditransmisikan dalam paket-paket, karena medium dibagi-bagi, maka hanya suatu stasiun pada suatu waktu yang dapat mentransmisi suatu paket.
·         Packet radio networks, stasiun berada didalam range transmisi satu sama lain dan broadcast (menyiarkan) secara langsung ke satu sama lainnya.
·         Satellite networks, data tidak ditransfer langsung dari transmitter ke receiver tetapi di-relay melalui satelit: masing-masing stasiun mentransmisi ke satelit dan menerima dari satelit.
·         Local networks, bentuk yang biasa dari broadcasting adalah LAN dan MAN, LAN adalah jaringan komunikasi yang meliputi daerah yang kecil seperti gedung atau bagian kecil dar i gedung. MAN meliputi daerah yang lebih luas, seperti antar gedung atau daerah kota. Dalam bus local network , semua stasiun dihubungkan ke kawat biasa atau kabel. Suatu transmisi oleh satu stasiun manapun manapun menyebar pada medium yang panjang dalam kedua arah dan dapat diterima oleh semua stasiun lainnya. Ring network terdiri dari close loop, dengan masing-masing stasiun berhubungan ke elemen repeating (pengulang). Suatu transmisi dari stasiun manapun bersirkulasi mengelilingi ring melalui semua stasiun lainnya dan dapat diterima oleh tiap stasiun selagi melewatinya


3. apa itu protokol dan sebutkan elemen kuncinya

protocol, dipakai untuk komunikasi antara entity-entity yang berbeda. Entity adalah sesuatu yang mampu mengirim atau menerima informasi. Sistem adalah obyek fisik yang mengandung satu atau lebih entity. Protocol didefinisikan sebagai aturan yang dibangun untuk pertukaran data antara dua entity. Elemen kuncinya :

o Syntax : termasuk hal seperti format data dan level sinyal.
o Sematics : termasuk kontrol informasi untuk koordinasi dan mengatasi error.
o Timing : termasuk kecepatan pencocokan dan pengaliran.

4. Apa saja yang ada dalam transfer header  jelaskan fungsinya masing-masing

·         destination SAP : transport layer tujuan harus tahu kepada siapa data dikirim ketika menerima transport PDU
·         sequence number : suatu transport protocol mengirim serangkaian PDU,sekaligus menomorinya sehingga jika mereka tiba di luar permintaaan,transport entity tujuan akan meminta ulang mereka
·         error-detection code : pengiriman transport entity dapat termasuk suatu kode yang berfungsi sebagai pengingat dari PDU. Penerima transport protocol menerima kalkulasi yang sama dan membandingkan hasilnya dengan kode yang masuk. Ketidaksesuaian hasil bila terjadi error dalam transmisi. Dalam kasus ini, receiver dapat membuang PDU itu dan mengambil tindakan koreksi.

5. Pada model osi layer mana sajakah yang bertugas untuk mengamankan data, jelaskan!

6. jelaskan point to point dan multi point transmision dengan menggunakan gambar
·         Point to Point Adalah salah satu komputer/perangkat yang disambungkan ke satu perangkat/komputer saja baik menggunakan perangkat wireless maupun menggunakan kabel Lan saja.
·         Point to Multipoint Adalah satu komputer/perangkat yang dapat di sambungkan ke banyak komputer/perangkat dan biasanya jaringan ini digunakan pada area hotspot ataupun pada warnet. karena dari 1 server di sebar ke beberapa client.


7. Sebutkan sistem transmisi dan berikan contohnya!

Sistim-sistim transmisi (menurut definisi ANSI) :

1.       Simplex adalah Sinyal di transmisikan dalam satu arah saja. Stasiun yang satu bertindak sebagai pengirim dan yang lain sebagai penerima saja.
Contoh : saat kita mendengarkan radio atau nonton TV. kita haya biasa mendengarkan dan melihat saja tanpa melakukan komunikasi balik.

2.       Half Duplex adalah Kedua stasiun dapat melakukan transmisi tetapi hanya sekali dalam satu waktu.
Contoh : Komunikasi yang digunakan oleh satpam atau walkie talkie

3.       Full Duplex adalah kedua stasiun dapat melakukan transmisi secara simultan, keduanya bisa berkomunikasi, medium membawa dalam dua arah pada waktu yang sama.
Contoh : Saat kita komunikasi dengan telepon atau handphone. kita bisa komunikasi secara bersamaan.


8. jelaskan amplitudo, frekuensi, phase, bandwith, dan data rate
Amplitudo, ukuran sinyal pada waktu tertentu
Frekuensi, kebalikan dari periode (1/T) atau banyaknya pengulangan periode per detik (Hz atau cycles per second) atau ukuran dari jumlah berapa kali seluruh gelombang berulang.

Phase, ukuran dari posisi relatif pada suatu saat dengan tidak melewati periode tunggal dari sinyal; lihat gambar 2.4 dimana terdapat dua gelombang dengan beda phase /2.

Data rate : adalah kecepatan, dalam bit per second (bps), dimana data dapat berkomunikasi.

Bandwidth : adalah bandwidth dari sinyal transmisi ya ng dimiliki oleh transmitter dan sifat dasar medium transmisi, dinyatakan dalam cycles per second, atau hertz.

9. jelaskan spektrum sinyal, clocking, deteksi error dan interfernsi sinyal


Spektrum sinyal : disain sinyal yang bagus harus mengkonsentrasikan kekuatan transmisinya pada daerah tengah dari bandwidth transmisi; untuk mengatasi distorsi dalam penerimaan sinyal digunakan disain kode yang sesuai dengan bentuk dari spektrum sinyal transmisi.
Clocking : menentukan awal dan akhir dari tiap posisi bit dengan mekanisme synchronisasi yang berdasarkan pada sinyal transmisi.
Deteksi error : dibentuk dalam skema fisik encoding sinyal.
Interferensi sinyal dan Kekebalan terhadap noise
Biaya dan kesulitan : semakin tinggi kecepatan pensinyalan untuk memenuhi data rate yang ada, semakin besar biayanya.

10. Buatlah sinyal encoding NRZ-2, NRZ-5, Bipolar AMI dan Manchester dari binary berikut!
            101 000 111 001 111 0

11. mengapa frequensi-shift keying lebih tahan terhadap noise dibanding amplitude-shift keying?
            sebutkan pnggunaan FSK tsb!

Karena noise pada umumnya terjadi dalam bentuk perubahan amplitudo, jadi FSK lebih tahan terhadap noise dibandingkan dengan ASK, FSK digunakan pada sinyal radio

Komentar